Rabu, 21 Desember 2016

Holding dan Waralaba: Perbedaan Muhammadiyah dan NU Menurut Kalla

    14.15   No comments


Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut dua organisasi Islam terbesar, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, punya sistem pengelolaan yang berbeda dalam kewirausahaan.

JK—sapaan akrab Jusuf Kalla—mengatakan Muhammadiyah punya sistem seperti holding company dan manajemen yang baik. JK mencontohkan rumah sakit Muhammadiyah yang pasiennya luar biasa banyak. Sedangkan pengelolaan wirausaha Nahdlatul Ulama seperti franchise.

Yang punya usaha di NU rata-rata merupakan kiai. "Dua-duanya perlu spirit kewirausahaan. NU perlu diperbaiki manajemennya," kata JK ketika membuka acara Temu Jaringan Saudagar Muhammadiyah di Hotel Sahid Rich Yogyakarta, Sabtu, 14 Mei 2016.

Selain JK, ada beberapa tokoh yang datang, di antaranya Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nasir. Setidaknya, ada 600 orang datang dalam acara tersebut. Jaringan Muhammadiyah terdiri atas saudagar Muhammadiyah dari seluruh Indonesia, Malaysia, dan Brunei.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, menekankan masyarakat hendaknya meningkatkan etos produksi ketimbang etos konsumtif. Etos itu menyangkut spirit yang tumbuh dari dalam untuk menjadi mandiri, sukses, dan mampu bersaing. Haedar melihat etos masyarakat untuk bertahan hidup menurun. Misalnya, orang mengikuti budaya instan, anak muda mencapai sesuatu dengan jalan instan.

Menurut dia, kalangan pengusaha Muhammadiyah kehilangan momentum untuk membangun kultur wirausaha. Dia mendorong kalangan Muhammadiyah untuk memulai membikin banyak usaha, perorangan, ataupun unit-unit bisnis. Misalnya bisnis hotel, tempat wisata, percetakan, dan waralaba. "Ini rintisan awal untuk membangun etos saudagar bisnis," kata Haedar.

Ketua panitia acara, Herry Zudianto, mengatakan temu jaringan saudagar Muhammadiyah bertujuan menguatkan jaringan saudagar. Harapannya, Muhammadiyah bisa bersaing dari sisi bisnis, profesionalisme usaha, dan bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. (more)


Perumahan Islami | Bisnis Bakrie | Bisnis Kalla | Rancang Ulang | Bisnis Khairul Tanjung | Chow Kit | Pengusaha | Ayo Buka Toko | Wisata | Medco
loading...

newsonline

About newsonline

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Sponsor

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 Fans Kalla. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.